Jumat, 18 November 2011

Pasar

A. PENGERTIAN DAN FUNGSI PASAR
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi.
Dalam pengertian lain, pasar adalah kegiatan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli.
 Syarat Pasar :
1. adanya penjual,
2. adanya pembeli,
3. tersedianya barang yang diperjualbelikan,
4. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli
 Fungsi pasar :
1. Distribusi : mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen
2. Pembentukan Harga : diperoleh kesepakatan harga antara penjual-pembeli
3. Promosi : mengenalkan produk
B. BENTUK-BENTUK PASAR
1. menurut Sifat/Wujud Barang dan Cara Penyerahannya
a) Pasar konkret : penjual-pembeli-barang yg dijual bertemu langsung
Ciri-ciri pasar konkret:
1) transaksi dilakukan secara tunai,
2) barang dapat dibawa/diambil saat itu juga,
3) barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata,
4) penjual dan pembeli bertemu langsung
b) Pasar abstrak : penjual-pembeli-barang yg dijual tdk bertemu langsung
Ciri-ciri pasar abstrak:
1) penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya,
2) transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya,
3) barang yang diperjualbelikan hanya contoh saja,
4) transaksi dilakukan dalam partai besar
2. menurut Luas Wilayah Kegiatannya
a) Pasar regional: meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu
b) Pasar internasional: mencakup seluruh kawasan dunia
c) Pasar nasional: meliputi wilayah satu negara
d) Pasar lokal: meliputi daerah tertentu, menawarkan barang yang dibutuhkan masyarakat di sekitarnya
3. menurut Organisasi Pasar atau Hubungan antara Pembeli dan Penjual
a. Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)
Ciri-ciri:
1) penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
2) pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna,
3) penjual dan pembeli banyak,
4) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
b. Pasar persaingan tak sempurna (imperfect competitionmarket)
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
1) terdapat hambatan untuk memasuki pasar,
2) pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas,
3) jumlah penjual sedikit,
4) barang yang diperjualbelikan bermacam-macam/heterogen
Macam-macam pasar persaingan tak sempurna:
a) Pasar monopoli : dikuasai sepenuhnya oleh penjual
Ciri-ciri pasar monopoli, antara lain:
1) terdapat satu penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh penjual,
3) tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang dijualbelikan dengan sempurna,
4) ada halangan yang kuat bagi penjual baru untuk masuk dalam pasar.
Hambatan-hambatan yang sering terjadi pada pasar monopoli antara lain:
1) penetapan harga serendah mungkin,
2) adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif,
3) pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distributor,
4) adanya skala ekonomis yang sangat besar,
5) memiliki sumber daya yang unik.
Penyebab timbulnya pasar monopoli antara lain:
1) ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang,
2) penggabungan dari berbagai perusahaan,
3) adanya hak cipta atau hak paten atas hasil karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan
b) Pasar duopoly : dikuasai oleh dua perusahaan
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.
c) Pasar oligopoly : beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang
Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:
1) terdapat banyak pembeli di pasar,
2) hanya ada beberapa penjual,
3) produk yang dijual bersifat homogen dan bisa juga berbeda namun memenuhi standar mutu,
4) terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru,
5) adanya saling ketergantungan,
6) penggunaan iklan sangat intensif.
d) Pasar monopolistic : terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama tapi berbagai macam variasi.
Ciri-ciri pasar monopolistik
1) Terdapat banyak produsen.
2) Produk yang dijualbelikan sama (homogen), tetapi dengan berbagai macam variasi
4. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
a. Pasar harian : setiap hari ada
b. Pasar mingguan : seminggu sekali
c. Pasar bulanan : setiap bulan
d. Pasar tahunan : setahun sekali
5. Menurut Jenis Barang yang Diperjualbelikan
a. Pasar barang distribusi
b. Pasar barang konsumsi
C. Latihan
1) Syarat pasar antara lain…
2) Jual beli kendaraan bermotor oleh dealer motor atau mobil termasuk pasar….
3) Ekspor impor merupakan contoh pasar abstrak karena….
4) Sekatenan, Pekan Raya Jakarta, dan Bazaar menjelang Lebaran merupakan contoh pasar ……dilihat dari segi waktu
5) Berilah contoh pasar monopoli….
D. Pembahasan
1) Ada penjual, ada pembeli, transaksi-kesepakatan, barang dagangan
2) Pasar abstrak, pasar oligopoly
3) Hanya menggunakan contoh, jual beli dalam jumlah besar, lewat media
4) Pasar tahunan
5) Listrik oleh PLN, Bahan bakar oleh Pertamina
E. Daftar Pustaka
Fatah, Sanusi dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Sutarto dkk.2008. IPS untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional Sudarmi, Sri dkk. 2008. Galeri pengetahuan sosial terpadu 2: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional Sugiharsono dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar